Reality Show KARMA
Reality Show KARMA

Apakah Benar Reality Show KARMA ANTV Cuma Settingan?

Posted on

Benarkah program televisi Reality Show Karma ANTV hanyalah settingan semata? Berita bernada minor ini belakangan muncul ke permukaan menyusul sukses Karma ANTV yang mampu meraih simpati penonton dan menempati rating tinggi sebagai program TV yang sangat digemari pemirsa televisi di tanah air.

Program Reality Show Karma ANTV yang hadir perdana pada 24 Desember 2017 itu menyajikan dunia misteri yang dialami para peserta atau partisipannya. Selain dipandu Robby Purba sebagai presenter, Karma juga menghadirkan seorang indigo bernama Roy Kiyoshi. Sebelumnya, tokoh ini sudah dikenal dengan sejumlah ramalannya yang sudah terbukti.

Tentang isu Karma ANTV Cuma Settingan, dari sekian banyak sumber berita yang penulis temukan, umumnya gossip yang kemudian ditulis berbagai portal dan situs berita online ini ternyata hanya berasal dari 1 (satu) sumber saja. Sumber itu adalah hasil diskusi sebuah forum online yang bernama LautanIndonesia.com (LI).

Reality Show KARMA
Apakah Benar Reality Show KARMA ANTV Cuma Settingan?

Seorang member forum dengan akun Ladylicious saat menjawab pertanyaan member lain yang mempersoalkan kebenaran acara Karma di ANTV. Dikatakan, “Settingan. Bayaran pesertanya 500rb sehari tapping di studio RTV buat 3 epi, bsk aku geret fotonya, tmnku slh 1 peserta tetap soalnya,” ungkap Ladylicious dalam tulisannya di forum itu.

Dari sumber inilah isu “Karma ANTV settingan” kemudian bergulir dan dikutip banyak portal online. Sebagai seorang yang pernah bekerja di stasiun TV, penulis tergelitik dengan gossip atau isu setingan tersebut. Namun sebelum membahas hal ini lebih jauh, mungkin perlu diluruskan terlebih dahulu makna atau definisi settingan dalam kasus ini.

Semua Program TV adalah Hasil Settingan

Perlu diketahui bahwa semua program TV adalah hasil settingan atau perencanaan yang matang. Tanpa perencanaan, mustahil program TV akan berjalan dengan baik. Apalagi khusus untuk reality show, pihak statiun TV selalu akan membentuk tim produksi yang bertugas merencanakan, mempersiapkan, dan mengatur semua unsur atau elemen yang diperlukan agar acara berlangsung dengan lancar. Termasuk bagaimana merencanakan tata desain ruangan yang akan dijadikan sebagai studio untuk pelaksanaan acara programnya.

Nah, terkait dengan reality show Karma di ANTV tentunya juga diproduksi dengan perencanaan yang sangat matang. Mulai dari penentuan tim produksi, siapa presenternya, kenapa memilih Roy Kiyoshi sebagai nara sumber utama, hingga penentuan partisipannya. Ini semua disetting dengan perencanaan yang matang agar menghasilkan program TV yang berkualitas.

Namun ketika menyangkut soal materi pengakuan dari para partisipan yang “unik dan luar biasa” apakah anda bisa mengatakan bahwa hal itu settingan? Bagaimana mungkin kisah yang begitu detail dan fenomenal dari para partisipan di setting oleh crew ANTV?

Begitu juga dengan berbagai kejadian aneh saat acara berlangsung, seperti gangguan “makhluk halus” apakah bisa dibuat settingan? Kalau benar kisah para partisipan dan kejadian di Karma adalah settingan, maka sungguh luar biasa crew tim produksi dan penulis naskahnya!

Bukti Karma ANTV Bukan Settingan

Meskipun pihak ANTV belum mengeluarkan statemen resmi terhadap dugaan settingan pada program reality show Karma, namun beberapa hal berikut ini mungkin bisa menguatkan pembuktian bahwa Karma ANTV adalah sebuah realitas atau riil dan nyata adanya.

Pernyataan Robby Purba dan Roy Kiyoshi

Pada beberapa kesempatan saat membawakan program Karma, presenter Robby Purba maupun Roy Kiyoshi menyatakan bahwa program Karma adalah riil dan bukan hasil settingan. Pernyataan itu diantaranya pernah dilontarkan keduanya di Karma episode 41.

Roy Kiyoshi Berdarah

Sebuah fakta yang sulit terbantahkan untuk mengatakan bahwa Karma ANTV settingan adalah pada tayangan episode 45. Program yang tayang pada 27 Februari 2018 itu sang indigo mengalami mimisan dan mengeluarkan darah dari hidungnya akibat serangan makhluk halus.Pada acara yang menghadirkan bintang tamu Wulan Guritno itu Roy mengaku bukanlah orang kuat yang “tidak bisa sakit” karena kemampuannya.

Itulah beberapa hal menyangkut perdebatan apakah program acara Karma hasil settingan atau bukan. Namun terlepas dari unsur like dan dislike, Karma mampu menjadi tontonan alternatif yang banyak mengungkapkan hal-hal yang tak terduga dan mungkin diluar pengetahuan kebanyakan orang.

Mengutip kata-kata yang pernah dilontarkan Roy Kiyoshi bahwa perbuatan baik akan memberikan karma yang baik dan begitu juga sebaiknya dengan perbuatan jahat. Sekali lagi, apakah Reality Show Karma ANTV cuma settingan? Silahkan anda menilai sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *