Sinopsis Film Saw 1 Sampai 7
Film Saw

Sinopsis Film Saw 1 Sampai 7

Posted on

Film horor yang terkenal dengan ungkapan “Every Piece Has A Puzzle” ini merupakan film horor yang sangat banyak menampilkan adegan-adegan sadis atau ‘Gore’  yang bagi sebagian orang akan merasa mual ketika menyaksikannya, bahkan menurut saya lebih sadis dari film Wrong Turn dan sekuel-sekuelnya. Namun, dibalik adegan-adegan sadis tersebut,  film ini menarik untuk ditonton karena ending cerita yang kadang sulit ditebak, terutama pada sekuel 1, 2 dan 3.

Inti dari film  Saw adalah Jigsaw yang merupakan tokoh penjahat utama dalam film, memberikan sebuah permainan kepada korban-korbannya yang diculik (umumnya dengan cara dibius terlebih dahulu ? ). Para korban ini kemudian diberikan semacam permainan dengan aturan-aturan yang telah ditetapkan. Hasil akhir permainan maut ini adalah hidup atau mati. Jigsaw sendiri adalah tokoh film yang merupakan seorang manusia biasa yang tidak memiliki kemampuan supranatural seperti film-film horor pada umumnya.

Sampai hari ini, Saw telah merilis tujuh sekuel dan menurut rumor yang beredar, tahun depan akan dilanjutkan dengan sekuel kedelapan berjudul “Saw VIII: Legacy”. Berikut ini akan saya tuliskan sinopsis atau cerita singkat dari masing-masing sekuel film Saw dari 1 sampai 7 :

1 – Saw atau Saw 1 (2004)

Film Saw 1, Game Bertaruh Nyawa Sudah Dimulai
Film Saw 1, Game Bertaruh Nyawa Sudah Dimulai

Setelah terbangun dalam sebuah ruangan yang kelihatannya seperti bekas kamar mandi, dua orang pria menyadari diri mereka adalah korban dari pembunuh berantai yang ‘bermain game’ dengan para korbannya. jika mereka ingin tetap hidup, maka mereka harus bisa melaksanakan instruksi-instruksi dari sang pembunuh yang disampaikan melalaui rekaman pada sebuah tape recorder. Seiring berjalannya film, akan terungkap satu persatu hubungan antara para korbannya dan juga identitas si pembunuh tersebut. Untuk review lengkap Saw 1 silahkan klik di sini.

2 – Saw II (2005)

Film Saw II, Kisah Pembunuh Berantai Dengan Delapan Orang Tawanannya
Film Saw II, Kisah Pembunuh Berantai Dengan Delapan Orang Tawanannya

Jigsaw kembali lagi. Sosok kejam ini kembali lagi dengan permainan hidup dan matinya yang semakin mengerikan.Saat jejak Jigsaw ditemukan pada korban yang baru terbunuh, Detektif Eric Matthews pun mulai menyelidiki kasus tersebut. Ada delapan orang korban baru yang hidup dan mati mereka telah masuk dalam bagian dari ‘game’ yang akan dimainkan Jigsaw selanjutnya. Info detail tentang film Saw II ada di tautan ini.

3 – Saw III (2006)

Film Saw III
Film Saw III

Jeff dirundung kesedihan karena kehilangan anaknya yang tewas dalam sebuah kecelakaan mobil. Ia pun kemudian terobsesi untuk balas dendam kepada mereka yang terlibat dalam peristiwa naas yang menimpa anaknya itu. Ia nantinya akan ‘masuk’ dalam permainan maut Jigsaw.

Di bagian lain Dr. Lynn Denlon yang sedang mengalami masalah dengan rumah tangganya, diculik oleh Amanda untuk merawat Jigsaw yang sedang sekarat karena penyakit tumor yang dideritanya. Dr. Lynn kemudian dibawa ke dalam sebuah ruangan dimana di situ cuma ada mereka bertiga; Dr. Lynn, Amanda dan Si Pembunuh Jigsaw. Leher Dr. Lynn dipasangi sebuah perangkat yang dihubungkan dengan life support system pada tubuh Jigsaw. Alat yang dipasang di leher Dr. Lynn itu secara otomatis akan meledak jika Jigsaw meninggal dunia. Ulasan lengkap Saw III ada di link ini.

4 – Saw IV (2007)

Film Saw IV
Film Saw IV

Saat berlangsungnya proses autopsi John Kramer atau Jigsaw, ditemukan sebuah tape di dalam lambungnya dan rekaman itu menyebut nama Detektif Hoffman. Sementara itu, polisi menemukan detektif Kerry telah tewas dan Komandan SWAT bernama Rigg sangat trauma dengan kondisi mayat Kerry yang terlihat telah mengalami penyiksaan. Dua orang agen FBI Strahm dan Perez kemudian bergabung dengan Hoffman untuk menyelidiki ‘peninggalan’ Jigsaw tersebut. Tapi ternyata Rigg telah ikut terseret ke dalam permainan gila Jigsaw. Cuplikan film dan review Saw IV ada di tulisan yang ini.

5 – Saw V (2008)

Film Saw V
Film Saw V

Setelah kematian Jigsaw yang semasa dia hidup telah banyak memakan korban, aksi pembunuhan sadis dengan perangkap mematikan bukannya berhenti tapi malah terus saja terjadi. Termasuk Agen Peter Strahm yang hampir saja tewas karena jebakan-jebakan yang dirancang oleh Jigsaw itu. Petunjuk-petunjuk yang berhasil ditemukan pihak penyelidik mengarah kepada detektif Hoffman sebagai orang yang dicurigai ikut terlibat. Sementara itu di bagian lain, lima orang yang memiliki hubungan satu sama lain terperangkap di dalam sebuah ruangan yang penuh dengan jebakan-jebakan mematikan yang siap ‘menguji’ mereka semua.

Silahkan klik link ini untuk melihat detail film Saw V.

6 – Saw VI (2009)

Film Saw VI
Film Saw VI

Agen Perez muncul kembali setelah sebelumnya diduga telah tewas. Ia merupakan rekan Agent Peter Strahm yang telah dijebak Mark Hoffman sehingga dicurigai sebagai salah satu kaki tangan Jigsaw yang berada di balik teror yang terjadi semenjak kematian Jigsaw. Sementara itu mantan istri Jigsaw, Jill Tuck menerima enam buah amplop yang berisi instruksi-instruksi dari mendiang Jigsaw. Jill kemudian hanya memberikan lima buah amplop kepada Mark Hoffman, sedangkan satu lagi tidak ia berikan. Di bagian lain, William Easton terpaksa memainkan sebuah permainan maut bertaruh nyawa lainnya yang dirancang oleh Jigsaw. Bahasan lengkap film Saw VI ada di artikel ini.

7 – Saw VII atau Saw 3D (2010)

Film Saw 3D
Film Saw 3D

Seorang Pria bernama Bobby telah melakukan kesalahan dengan mengkalim ia merupakan korban Jigsaw yang selamat. tak berapa lama, ia mendapati dirinya benar-benar masuk ke dalam bagian ‘game maut’ Jigsaw. Sementara itu Hoffman dan Jill berebut posisi untuk menjadi pewaris Jigsaw yang menyebabkan teror tak kunjung usai. Info detail film Saw VII aka Saw 3D ada di tautan yang ini.

Demikianlah sinopsis film Saw dari 1 sampai 5, semoga tulisan ini bisa memberikan gambaran keseluruhan sekuel film Saw dan jika Anda berniat untuk  menyaksikan film ini jangan lupa bahwa di film ini terdapat banyak sekali  adegan-adegan sadis yang dipenuhi dengan darah. Jadi, sipakan mental sebelum mulai menonton 😀  .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *